Selasa, 06 Maret 2018

Daily Report #10 (indonesian version)

Assalamau'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Hello guys. Pada praktik kali ini, Selasa 06 Maret 2018. Saya berangkat ke kampus pada pukul 06:30, dan tiba dikampus pada pukul 07:00. Jadi, tenggang waktu yang saya gunakan  saat berangkat ke kampus adalah sekitar 30 menit. Saat semua mahasiswa telah tiba dan telah lengkap selanjutnya kami diarahkan untuk.one line di depan kitchen. Dalam posisi tersebut senior incharge kami melakukan proses absensi seperti biasanya sebelum memasuki kitchen. Nama demi nama disebut hingga keurutan yang paling akhir. Setelah absensi oleh senior selesai. Selanjutnya kami diarahkan kembali untuk menuju ke cold kitchen.  Di dalam cold kitchen kami diberikan instruksi untuk berbaris dalam posisi oneline. Dalam posisi tersebut senior incharge memberikan sedikit instruksi dan materi tentang menu praktik yang kami buat pada hari ini.  Materi yang diberikan cukup lengkap dan mudah untuk kami pahami. Setelah pemberian materi selesai selanjutnya senior membagi kami kedalam 2 group, sebagaiamanna group yang telah ditentukan sebelumnya. Pada kesempatan kali ini yang mendapat amanah untuk menyuplai makanan ke restoran adalah kelompok 1. Sementara jelompok 2 melanjutkan project penelitiannya. 

      Hari ini saya dan sebagian teman yang lain selaku kelompok 1 melanjutkan persiapan yang telah dibuat pada hari sebelumnya. Kami melanjutkan kegiatan prepare sehubungan dengan menu yang kami akan suplay ke restoran pada hari ini. Adapun daftar menu kami pada hari ini, tertera di bawah ini :
Table D’ Hote “menu rotasi 1.4”

Chicken liver amd herb pate hollandaise sc


***
Clam chowder


***
Spaghetti bolognaise


***
Baked custard tart


(Broice)


   Pada kesempatan kali ini, saya dan sebagian teman yang lain yang termasuk kedalam kelompok 10 (group kecil yang telah dibagi sebelumnya, yang beranggotakan 3-4 orang), diberikan amanah untuk menghandle menu Clam Chowder. Adapun dokumentasi dari clam chowder yang kami buat hari ini tertera di bawah ini :
Clam Chowder



         Restoran dibuka pada pukul 12:00, pada hari ini saya di berikan kesempatan untuk belajar menjadi table manner di restoran. Awalanya saya menolak untuk menjadi table manner, namun karena senior incharge yang meminta sehingga saya tidak boleh menolak. Karena hal ini merupakan yang pertamakalinya sehingga pada awalnya saya sempat berfikir bahwa menjadi table manner itu sangat merepotkan. Namun seketika hal itu berubah ketika saya telah masuk di dalam restoran. Walaupun pada awalnya saya masih kaku dan masih kurang mengerti dengan hal tersebut. Namun perlahan-lahan saya akhirnya bisa berbaur dengan keadaan dan menikmatinya. Sebagai seorang table manner terdapat beberapa aturan ataupun tata cara yang diterapkan saat ingin menyantap makanan baik itu appatizer hingga ke menu dessert. Dan saya pun berusaha mengikuti semua hal tersebut, satu demi satu makanan yang terdapat dimenu dikeluarkan. Yang dimana menu pertama yang dikeluarkan adalah appatizer (makanan pembuka) dilanjutkan  soup, main corse, dan dessert. Stelah semua makanan telah disajikan selanjutnya kami menyantap makanan itu sesuai dengan kaidah yang berlaku. Terakhir setelah makanan diclear up kami dipersilahkan untuk meninggalkan restoran dan kembali menuju kitchen. 

     Setelah kembali dari restoran.m saya kemudian menuju ke kitchen dan langsung berbaris di dalam cold kitchen dalam posisi one line. Kembali lagi dalam posisi tersebut kami diberikan kesempatan untuk mereview tentang makanan yang kami santap di restoran. Satu demi satu dari kami menjelaskan 1 item menu. Dan pada kesempatan ini saya diberikan kepercayaan untuk mereview Clam Choder. Terlepas dari itu selanjutnya kami diperlihattkan cara membuat french dressing dan cara sousvide untuk chicken salad hawaian. Langah demi langkah diperlihaykan hingga demua proses pembuatannya selesai.
Pada pukul 15:50, kami diberikan kesempatan untuk istirahat selama 30 menit.  Waktu istirahhat ini saya gunakan sebaik-baiknya untuk melaksanakan shalat duhur dan makan siang. Selepas shalat dan makan siang, kami kembali diberikan istruksi untuk berbaris di cold kitchen dalam posisi one line. Inatruksi yang diberikan berupa pembagian kelompok untuk pelaksanaan kegiatan rutin setelah paraktik, yakni General Cleaning. General cleaning yang dilaksanakan pada hari ini cukup lambat. Karena gc dilaksanakan pada pukul 18:00 dan berakhir pada pukul19:15. Dan terakhir kami meninggalkan kampus pada pukul 19:45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...