Kamis, 08 Maret 2018

Faily report #12 (indonesian version)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

       Hallo guys, pada kesempatan kali ini saya akan kembali bercerita tentang kegiatan rutin yang saya lakukan selama minggu praktik. Pada praktik kali ini, Kamis 08 Maret 2018. Saya berangkat ke kampus pada pukul 06:20. Dan tiba pada pukul 07:00. Perjalanan saya kali ini ke kampus sedikit agak terlambat. Karena ditengah perjalanan saya dihadang oleh hujan. Tapi, untungnya saja saya selalu menyediakan mantel. Seperti kata pepatah “ selalu sedia payung sebelum hujan". Namun karena saya tidak mempunyai payung. Maka saya menciptakan pepatah sendiri “tidak ada Payung mantel pun jadi". Setelah saya memakai mantel kemudian saya melanjutkan perjalanan dan menerobos hujan. Karena dipikiran saya telah tertanam bahwa tak ada yang bisa menghalangi saya untuk berusaha memggapai cita-cita saya. Walaupun yang menghadamg itu adalah tembok beton, apalagi jika hanya hujan saja. 
Terlepas dari curhatan saya di atas. Saya dan teman-teman saya memasuki kitchen pada pukul 08:00. Tapi sebelumnya senior incharge melakukan absensi terhadap mahasiswa semester dua dalam posisi one line. Selanjutnya kami diarahkan untuk menuju ke cold kichen. Di sana kami di berikan arahan untuk berbaris dalam posisi one line. Dalam posisi tersebut kembali seperti hari hari senelumnya, kami diberikan.arahan seputar bahan yang telah diprepare dan kemudian dilanjutkan untuk disuplay ke restoran. Pada kesempatan kali ini kelompok kami yakni, kelompok.sepuluh kembali melanjutkan preparan yang telah kami buat sebelumnya. Kami diberikan kepercayaan untuk membuat Potato Au Gratin dan Glazed Root Vegetable. Berhubung karena bahan yang kami gunakan untuk menu ini kurang, sehingga kami harus berfikir kembali bahwa bahan apa yang bisa menjadi pengganti dari bahan yang kurang itu. Kemudian saya bertanya ke salah satu dosen MTB tentang bahan pengganti apa yang cocok. Cukup lama kami verbincang-bincang dan akhirnya dosen itu, mengambil keputusan bahwa bahan yang akan digunakan adalah Green bean dan carrot dalam potongan jardinierre. Adapun dokumentasi dari menu yang kami buat pada hari ini tertera di bawah ini :


       Hari ini, restoran dibuka pada pukul 12:30. Satu persatu makanan disuplay ke restoran yang dimana dumulai oleh appatizer hingga ke dessert. Jenis menu yang di suplay ke rstoran hari ini adalah. Menu rotasi I.2. Adapun list menu dari rotasi I.2 tertera di bawah ini :

Rotasi I.2

Macedoine of vegetable mayonaise



***

Minestrone soup


***

Fillet of fish menuere
Potatoes au gratin
Glazed root vegetable


***

Choux a la creme


(Hard roll)
Setelah semua hidangan yang ada dimenu telah habis, Restoran pun ditutup. Dan waktunya bagi kami untuk membersihkan area kerja dan segala peralatan yang kami gunakan pada hari ini. Mulai dari perallatan paling kecil hingga yang bermesin. 

      Pada pukul 13: 30, saya dan salah seorang teman saya. Menuju ke masjid yang ada di dalam area kampus dan melaksanakan shalat duhur di sana. Sehabis shalat duhur. Saya istirahat sejenak di dalam masjid sembari mengerjakan tugas blog. Dan setelah itu saya kemvali ke kitchen dan langsung berbaris di cold kitchen dalam posisi one line.  Dalam posisi tersebut kami diberikan sedikit evaluasi dan sedikit masukan. Kemudian kami diberikan waktu untuk istirahat sampai jam 16:30. Saya memanfaatkan waktu istirahat ini untuk makan siang. Setelahnya saya kembali ke kitchen dan kemudian kembali berbaris dalam posisi one line . Dalam posisi itu, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan GC rutin setelah praktik. Kegiatan Gc dilaksanakan hingga selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...