Selasa, 20 Maret 2018

Daily report #13 mid praktik (indonesian version)

Assallamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Hallo guys,  bagaimana kabar kalian hari ini? semoga kalian tidak jenuh dengan rutinitas yang saya lakukan selama minggu praktik.  Pada hari ini, Selasa 20 Maret 2018. Saya berangkat menuju kampus pada pukul 06:00. Di tengah perjalanan saya harus singgah di spbu terdekat di jalan perintis kemerdekaan, dikarenakan volume bensin di tangki motor saya sisa sedikit. Setelah itu saya melanjutkan perjalanan hingga saya tiba di kampus. Namun sebelum saya ke kampus, terlebih dahulu saya tiba di kos teman saya, untuk mengambil toolbag yang saya titip kemarin. Berhubung karena hari ini jadwal mid praktik kami bersamaan, sehingga kami berangkat ke kampus secara bersamaan.

      Pada pukul 70:00 di kampus. Saya dan kedua orang teman saya edo dan fadhil menunggu teman yang lain. Setelah semua teman berkumpul di depan kitchen, barulah kami bergegas untuk memasuki kitchen, dalam rangka mid praktik. Pada kesempatan ini yang diberi kesempatan untuk melaksanakan mid praktik adalah kelompok 3, dan saya beserta kedua teman saya tadi termasuk ke dalam kelompok 3. Di dalam.kitchen kami berbaris dalam posisi oneline sambil menunggu dosen yang akan mengawasi kami di ujian mid kali ini. Dosen tiba di kitchen tepatnya di cold kitchen pada 08:45. Setibanya di cold kitchen, dosen langsung memberikan sedikit ucapan pembuka dan dilanjutkan dengan explain oleh setiap CDP pada hari ini. Satu demi satu CDP menjelaskan menu yang mereka, handle begitupun dengan saya dan salah satu teman saya yang bernama edo,.menghandle bagian main course “fillet of fish menuere". 

      Setelah explain telah selesai, selanjutnya kami diberikan keringanan dengan adanya teman teman yang lain yang ingin membantu kami. Setiap kelompok mendapat anggota yang akan membantunya pada saat proses doing berlangsung. Kami yang menghandle bagian fillet of fish menuere mendapatkan 2 anggota, nata dan gabriel. Setelah semua kelompok telah mendapat anggota selanjutnya kami diberikan kesempatan untuk doing. Dalam proses ini, berhubung karena saya adalah CDP pada hari ini.  jadi saya memberikan arahan kepada kedua anggota saya untuk memporsikan dori fish yang akan kami gunakan. Mereka mengaplikasikan cutting fish supreme, dengan berat setiap porsinya adalah 100 gr.

     Kami melanjutkan marinating untuk fillet of dori fish setelah selesai diporsikan. Bahan yang kami gunakan untuk marinating adalah, fresh milk, salt papper, dan lomon juice. Kemudian didiamkan selama 1 jam agar bumbunya meresap. Setelah 1 jam berlalu selanjutnya fillet fishnya kami breeded dan kemudian di shallow fraying. Dengan menggunakan saute pan secara bergantian dan butter yang selalu diganti agar tidak hitam dan berbau gosong.  Stelah selesai kami pun melanjutkan untuk menata fillet fish menuere ini di atas plate. Hal ini kami lakukan hingga semua selesai. Jumlah pax yang ready ladi hari ini adalah 40 pax. Adapun daftar menu yang kami buat hari ini adalah sebagai berikut : 

Menu rotasi 1.2

Macedoine og vegetable mayonaise


***
Minestrone soup


***
Fillet of fish menuere
Potatoes au gratin
Glazed root vegetable


***
Choux al la creme


(Hard roll)


     Restoran di buka pada pukul 13:00, dan kami pun menyuplai makanan ke rsetoran sesuai dengan pesanan dari guest di restoran. Satu demi satu makanan diantarkan ke restoran. Hingga semua tamu telah mendapatkan pesanannya. Tidak semua makanan yang telah kami buat itu, keluar ke restoran. Namun hanya sekitar 24 setiap courses nya. Setelah restoran dinyatakan close. Kamipun kemudian mengumpulkan makanan yang tidak sempat keluar kerestoran di dalam sebuah wadah.  Dan platenya kami kembalikan ke restoran.
     Pukul 17:00 kami melaksanakan Gc di area kitchen, kami membagi area kerja agar kami tidak.newalahan nantinya pada saat proses gc berlangsung, dan agar semuanya berjalan lancar tanpa hambatan. Pada proses gc ini, saya mendappatkan bagian untuk membersihkan jelas serta memindahkan barang barang dari office lama ke office sementara ke office yang telah di renovasi. Proses gc berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 18:00. Namun setelah itu selesai kami tidak langsung kembali ke rumah. Namun kami harus menunggu kembali sekitar 45 menit dikarenakan salah satu group yang prepare membuat bika ambon mengalami kegagalan. Sehingga mereka harus mengulang untuk membuatnya kembali. Dan akhirnya kami meninggalkan kitchen pada pukul 19:00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...