Kamis, 09 Agustus 2018

Daily report #3 (Indonesian Version)

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Hai guys, bagaimana kabar kalian?. Hari ini saya akan kembali bercerita sedikit tentang kegiatan yang saya lakukan di hotel gammara. Pagi ini, saya tiba di hotel pada pukul 07.30. Dan langsung menuju ke banquet kitchen. Saat tiba di sana kitchen masih dalam keadaan kosong. Sambil menunggu chef dan para senior yang lain, saya berinisiatif untuk membersihkan area yang kotor dan merapikan peralatan yang tidak terpakai. Agar kitchen selalu terlihat bersih dan tetap terjaga hygiene dan sanitasinya.

Saat chef dan para senior telah tiba, kegiatan pun dimulai. Sebelum menyiapakan segala bahan yang akan digunakan. Terlebih dahulu kami melihat BO (Banquet order). Hari ini terdapat event untuk lunch dan dinner, sebanyak 180 pax. Satu per satu bahan makanan dipersiapkan, mulai dari nasi sayuran hingga ke berbagai jenis olahan daging. Di jesempatan kali ini saya diberikan tanggung jawab untuk memepersiapkan   steam rice kemudian dilanjutkan dengan memotong sayuran untuk capcay, marinating daging ikan dan ayam kemudian menggorengnya.  Selain itu, saya juga membuat bumbu putih dalam jumlah yang banyak agar kami tidak kewalahan saat terdapat event besar. 

Setelah selesai mempersiapkan  bahan-bahan di atas. Selanjutnya diambil alih oleh chef dan para senior. Saat chef doing kami memperhatikan step by step pembuatannya, agar saat kami diberi tanggung jawab untuk membuat menu tersebut, kami tidak kaku dan tidak kebingungan.  Selain memperhatikannya saya juga menyempatkan untuk bertanya seputar ingredients, how to make, dan juga metode memasak yang digunakan. Prihal tersebut saya catat ke dalam small book agar tidak terlupakan, karena itu adalah hal penting dan juga merupakan ilmu yang harus dikembangkan.

Domumentasi kegiatan :

 Prepare for steam rice

Prepare for ikan goreng szechuan





Saat semua kegiatan telah selesai, seperti biasanya kami melakukan proses cleaning untuk area kitchen. Dan untuk tetap menjaga hygiene dan sanitasi kitchen. Itulah sedikit tentang kegiatan yang saya lakukan hari ini. Jika terdapat kekurangan maka maafkan dan jika yang saya sampaikan bermanfaat maka saatnya saya mengatakan Alhamdulillah. 

Waassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...