Selasa, 03 April 2018

Daily report #15 (indonesian Version)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

      Hai guys, apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang kegiatan saya, hari ini. Pada hari ini, selasa 03 April 2018 saya berangkat ke kampus dari rumah teman saya yang berada di gowa. Saya berangkat sekitar pukul 06.30 dan kemudian tiba di kampus pada pukul 06.44. Jarak tempuh dari rumah teman saya ke kampus sekitar 13 atau 14 km, dan menempuh perjalanan tersebut selama 20 menit. Kali ini waktu tempuh saya cukup lama dikarenakan jalan yang saya lalui belum saya hafal dan masih berpatokan google maps. Padahal saya hanya menempuh jarak 13 km namun waktu tempuhnya 20 menit. Cukup lama bukan?
      Setiba di kampus, selanjutnya saya dan beberapa teman yang lain, berkumpul di depan kitchen sembari menunggu teman teman yang lain datang. Saat semua telah tiba begitupun dengan senior incharge. Selanjutnya kami diarahkan untuk berkumpul didepan kitchen dalam posisi oneline. Dalam posisi tersebut senior melakukan proses absensi dan juga pemeriksaan grooming serta pemeriksaan perlekapan. Satu demi satu mahasiswa dipanggil dan diperiksa kelengkapannya. Kemudian langsung diarahkan ke cold kitchen.
      Didalam cold kitchen kami diarahkan untuk berbaris dalam posisi oneline dan diberikan instruksi serta penjelasan tentang menu rotasi 2.1 oleh salah satu dosen incharge dan senior. Satu demi satu courses menu dijelaskan hingga pada courses yang terakhir. Penjelasan yang diberikan ini, jelas dan mudah untuk dimengerti. Setelah semua telah dijelaskan, selanjutnya kami kembali dibagi menjadi 2 group sebagaimana group sebelumnya. Hari ini kelompok yang melakukan finishing terhadap makanan adalah group 2 dan group 1 melanjutkan tugas project. Namun,  salah satu dosen kami menginginkan agar setiap perwakilan dari kelompok kecil yang ada di group 2 ikut membantu group 1. Dan saya mewakili group salah satu dari kelompok kecil tersebut yankni kelompok 10 untuk membantu group 2. 
       Pada kesempatan ini saya membantu goup 2 khususnya kelompok 9 untuk menyelesaikan chinese spinach and peanut salad. Yang kami kerjakan hari ini sisa blanching spenach dan pencampuran dengan dressing, peanut serta plating atau presenting sesaat sebelum restoran dinyatakan dibuka. Saat plating kami mengalami kendala, yakni kami kekurangan spenach yang merupakan bahan dasarnya, dan stok spenach yang ada di chillerpun kosong. Sehingga kami harus berusaha bahan tersebut bisa mencukupi jumllah orderan  sebanyak 30 pages. Dan akhirnya dengan usaha yang maksimal spenach yang kami gunakan cukup untuk 30 pages.
Documentasi






     Pukul 10.00 merupakan waktu untuk group 2 prepare bahan bahan yang akan digunakan dikeesokan harinya. Dan saya ikut membantu proses prepare ini, karena saya juga termasuk ke dalam group 2 terkhusus kelompok 10. Pada kesempatan ini kelompom 10 diberikan amanat untuk prepare bahan bahan yang akan digunakan untuk menu Khao Niew  Ma Muang. Berhubung karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat jenis makanan ini cukup seingkat dan cukup mudah sehingga kami disarankan untuk mengerjakannya besok. Kali ini kami hanya menyapkan raw materialnya saja, kami belum melakukan pengolahan terhadap bahan tersebut. 
      Pada 16.00, kami melakukan kegiatan gc yang merupakan kegiatan rutin sehabis praktik, dengan cara membersihkan seluruh area kitchen termasuk semua peralatan yang ada di dalamnya. Kegiatan gc kali ini lebih cepat dilaksanakan karena kami tidak mengambil waktu untuk istirahat, sehingga setelah doing kami langsung dibagi ke dalam beberapa kelompok dan kemudian melalsanakan gc hingga semua prosesnya selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...