Jumat, 18 Mei 2018

Daily report #26 (indonesian version)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Hello guys. Bagaimana kabar kalian? Semoga kalian baik baik saja, karena kalian masih harus membaca tulisan yang ada di blog ini. Tulisan yang ada di blog ini InsyaAllah bisa bermanfaat untuk kalian. Karena blog ini berisi ilmu dan pengalaman yang saya rasakan selama belajar dikitchen. Walaupun isinya masih kurang dan mungkin masih kurang menarik. Tapi saya berharap kepada kalian agar tidak bosan untuk membaca dan belajar melalui blog ini. Jika kalian merasa banyak kekurangan dalam penulisan blog ini, silahkan berikan komentar yang ada di bawah.

Oke guys, saya akan menjelaskan sedikit tentang ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama minggu praktik di kitchen. Pada hari ini kami diberikan menu praktik indonesia, hari ini kami hanya melanjutkan menu yang diprepare pada hari sebelumnya. Pada hari sebelumnya kami yang merupakan melompok 10 diberikan kepercayaan untuk menghandle pisang ijo. Pada saat pembuatan pisang ijo, salah satu teman kelompok saya, bertanya. “ kenapa adonan kulitnya tidak pakai adonan yang didadar saja"?. Jadi guys, harus kalian tahu bahwa pisang ijo yang banyak dinikmati oleh berbagai kaalangan ini, sebenarnya ada 2 versi. Yang membedakan versinya adalah hanya pada adonan kulit yang digunakan. Salah satu versi menggunaakan adonan dadar dan versi lainnya menggunakan adonan kulit yang berbeda. Melalui blog ini, saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan dari kedua versi pisang ijo ini.

Nah, guys. Saya akan sedikit menyinggung tentang perbedaan dari kedua versi pisang ijo yang ada. Jadi yang membedakan antara kedua adonan ini adalah. Dari segi adonan, adonan kulit yang didadar teksturnya lebih cair dan encer apabila dibandingkan dengan kulit yang dikukus, telstur kulit yang dikukus lebih padat dan dan kalis. Perbedaan selanjutnya adalah pada proses pemasakannya. Pada adonan kulit dadar, seperti namanya adonan ini langsung dituangkan ke dalam teflon panas hingga matang, sedangkan pada adonan kukus, adonan dicampur diatas di dalam sebuah wajan yang sebelumnya telah dimasukkan santan dan air hingga mendidih. Lalu diaduk bersama dengan bahan lainnya hingga tercampur rata. 

Untuk lebih meyakinkan kalian, dibawah ini adalah gambar perbedaan anatara kedua jenis adoanan kulit pisang ijo ini :

Pisang ijo kulit dadar :




Pisang ijo kulit kukus :




Itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan kedua adonan kulit pisang ijo. Saya harap kalian dapat mengerti dan bisa membedakannya. Semoga apa yang saya tuliskan di blog ini dapat bermanfaatbagi kalian. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Local Market #5

LOCAL MARKET Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat pagi sahabat bloggers, kembali lahi dengan sayadalam kegiatan surve...